Senin, 21 Desember 2015

Trancam ala Ibu Saya


Trancam di Solo atau umumnya di Jawa Tengah biasanya terdiri dari aneka sayuran mentah yang dirajang kecil-kecil kemudian dicampur dengan bumbu urap. Sayuran mentah itu bisa terdiri dari kacang panjang, kol, mentimun, daun kenikir, daun papaya, mlanding atau petai cina, kecambah, dan lain-lain aneka sayuran bisa dimasukkan bila suka.
Kali ini saya membuat trancam yang agak berbeda, trancam ini versi ibu saya yang asli orang Mojokerto. Biasanya kalau beliau membuat trancam yang terhidang di meja makan adalah masakan ini. Trancam ini terdiri dari terung, tahu, tempe yang kukus kemudian dicampur atau diurap dengan sambal kelapa yang gurih  karena ada campuran kacang tanah goreng di sambalnya.

Berikut ini resepnya:


Bahan:

½ papan tempe
2 bh tahu putih
1 bh terung
1 bh mentimun

Bahan sambal:

2 bh bawang putih
2 bh bawang merah
¼ sdt terasi
2 bh cabe rawit
2 bh cabe keriting
1 cm kencur
1 sdm kacang tanah goreng
½ bh kelapa muda yang diparut
1 sdt garam
¼ sdt gula

Cara Membuat:


Potong-potong tahu, tempe, dan terung kemudian kukus sampai matang, sisihkan. Kemudian buat sambalnya. Ulek semua bahan sambal kecuali kelapa parut, setelah bahan sambal halus baru masukkan kelapa parutnya sambil sedikit diulek-ulek. Koreksi rasanya. Setelah rata masukkan semua bahan yang dikukus tadi kemudian dengan menggunakan ulekan dan ditekan-tekan sehingga tercampur semua bahan kukus tadi dan sampai agak hancur. Terakhir masukkan timun yang sudah dikupas dan dipotong kotang-kotak kecil ½ cmx ½ cm. Campur semua jadi satu dan siap dinikmati dengan nasi hangat dan ikan asin goreng. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar