Senin, 14 Desember 2015

Nugget Ayam Homemade, dengan jamur dan wortel



Punya anak-anak usia sekolah memang terkadang agak merepotkan, karena pagi hari adalah waktu yang sangat sibuk untuk mempersiapkan segala keperluan sekolahnya termasuk pula bekalnya. oleh karena itu terkadang kehadiran frozen food sangat membantu para ibu-ibu seperti saya ini. memang membeli di luaran banyak sekali macamnya, mulai dari yang mahal sampai yang murah juga ada. Dengan beraneka macam bentuk dan rasa. Tapi membuat sendiri di rumah juga tidak ada salahnya, selain lebih murah tentu bahan-bahan yang digunakan bisa kita tentukan sendiri kualitasnya. jadi berasa lebih nyaman dan tenang. beberapa hari lalu, saya sempatkan membuat nugget ayam, agar lebih bervariasi rasanya, saya tambahkan jamur tiram dan parutan wortel. Enak juga rasanya. mau mencobanya..silahkan!

Bahan:

250 gr daging ayam giling
250 gr jamur tiram, kukus, potong-potong
1 bh wortel ukuran sedang, parut (saya menggunakan parutan keju)
100 gr tepung terigu serbaguna
1 bh bawang Bombay, cincang
2 butir telur

bumbu:

3 bh bawang putih, parut atau haluskan
½ sdt lada bubuk
1 sdt garam

Pelapis:

2 butir telur, kocok lepas
200 gr tepung panir

Cara membuat:

Haluskan, atau cincang halus jamur tiram. Saya menggunakan chopper untuk menghaluskan daging ayam dan jamur tiram. Setelah jamur dihaluskan atau dicincang. Siapkan wadah. Campur semua bahan dan bumbu, aduk-aduk sampai tercampur rata semua. Saya menggunakan chopper untuk mengaduk semua bahan, dan untuk memudahkannya saya tambahkan 3 butir es batu (kotak kecil yang biasanya tersedia di freezer) kemudian saya tekan tombol pulse beberapa detik, kemudian berhenti, tekan pulse lagi, kemudian berhenti begitu seterusnya sampai saya dapatkan adonan yang smooth.
Panaskan kukusan dan siapkan loyang yang telah dioles minyak atau dilapis plastik. Masukkan adonan ke dalam loyang, ratakan dan tekan-tekan supaya padat. Kukus kurang lebih 30 menit. Jika sudah matang keluarkan loyang dari kukusan dan dinginkan. Setelah dingin keluarkan dari loyang dan potong-potong sesuai selera. Siapkan bahan pelapis. Celupkan nugget di kocokan telur sampai rata kemudian gulingkan ke tepung panir. Tekan-tekan supaya tepung panir menempel. Lakukan sampai potongan nugget habis.

Nugget bisa segera digoreng atau disimpan di freezer untuk persediaan lauk si kecil. Ehmmm...yummy!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar