Jumat, 11 Desember 2015

Roti Manis Isi Meses


Masih mood bikin roti-rotian nih. Kali ini bikin roti manis yang diisi meses saja ya... Karena praktis dan ternyata juga yang ada cuma itu he..he..

Bahan Adonan Tangzhong:

25 gr tepung terigu protein tinggi
125 ml air

Bahan Adonan Roti:

350 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr gula kastor
10 gr susu bubuk
7 gr ragi instan
1 butir telur ayam
125 ml susu cair
30 gr mentega lelehkan
½ sdt garam

Isian:

150 gr Meses

Olesan:

1 sdm susu evaporated
1 sdm madu


Cara Membuat Adonan Tangzhong

Campur terigu dan air hingga rata dan tidak menggumpal. Masak di atas api sedang (suhu kurleb 65'C), aduk hingga rata, mengental dan matang, warnanya hanya sampai putih susu saja ya, karena jika sudah berwarna bening atau keabuan adonan ini tidak bisa digunakan lagi.  Angkat dan biarkan uap panasnya hilang.



Cara Membuat Adonan Roti:

Dalam sebuah wadah, campur terigu, gula kastor, susu bubuk dan ragi instan, aduk hingga rata. Masukkan telur, aduk kembali. Masukkan adonan tangzhong sambil diaduk hingga rata, tuang susu sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis. Tambahkan mentega dan garam, uleni kembali hingga kalis dan elastis.
Bulatkan adonan, letakkan di dalam wadah dan tutup dengan serbet lembab, diamkan selama kurang lebih 1 jam hinga adonan mengembang 2x lipat.

Setelah mengembang, kempiskan adonan. Timbang masing-masing 50 gr adonan, isi dengan adonan isi dan tata di loyang yang telah di semir margarin. Tunggu kurang lebih 30 menit supaya adonan mengembang kembali. Setelah mengembang kembali, oles dengan bahan olesan dang panggang. Oven selama 15-20 menit sampai matang. Lamanya mengoven tergantung dari kondisi oven ya. Setelah matang keluarkan dari oven dan dinginkan. Siap dinikmati...yummy!!!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar