Jumat, 18 Maret 2016

Tempe Mendoan


Kalo bicara gorengan yang satu ini, sukaaaaa banget. Apalagi kalau masih panas atau anget-anget gitu. Dijamin ga berhenti ngunyah kalau ga habis tempenya. Iyyaa, kalau bikin dikit sih jadi langsung abis. ^_^  Kalau pas pengen ngemil, di kulkas punyanya  cuma tempe ya sudah jadilah si mendoan ini.
Kalo saya bikin mendoan bumbunya ga di kasih kunyit, tapi ada beberapa orang yang suka memberi kunyit dalam daftar bumbunya. Kalau dari segi rasa sih tidak jauh beda. Malah ga ada bedanya mungkin, Cuma yang dikasih kunyit jadi kekuningan gitu penampakannya. Atau lidahnya ya yang ga bisa ngebedain he..he… saya juga biasanya merendam dulu tempe dengan air bawang dan garam supaya lebih gurih tempenya.

Bahan:
1 papan tempe ukuran sedang iris tipis
minyak untuk menggoreng

Bumbu perendam tempe:
2 bh bawang putih
1 sdm garam
200 ml air

Bahan pelapis:
100 gr tepung terigu serbaguna
2 sdm tepung tapioka
1 sdm tepung beras
1 batang daun bawang iris tipis
Air secukupnya (sampai keenceran yang diinginkan)

Bumbu pelapis:
2 bh bawang putih
1 sdt ketumbar
1 sdt garam

Cara membuat:
Iris tempe sesuai dengan selera atau keinginan ya. Kalau saya suka yang tipis-tipis. Sisihkan.
Buat bumbu perendam tempe nya, haluskan bawang dan garam kemudian tambahkan air. Rendan tempe sekitar 2-3 menit supaya bumbu meresap.
Untuk bahan pelapisnya campur semua tepung dalam wadah, sisihkan. Haluskan bawang putih, garam, dan ketumbar dan masukkan ke dalam wadah tepung aduk-aduk sambil ditambahkan air sedikit demi sedikit sampai kekentalan yang diinginkan. Jika ingin lapisan tepungnya tebal maka buatlah yang agak kental, tapi jika ingin lapisan yang tidak terlalu tebal tambahkan saja beberapa sendok air. Tapi jangan sampai keenceran lho ya karena bakalan tipis banget nanti lapisan tepungnya. Jika air, tepung, dan bumbu tercampur baik masukkan irisan daun bawang.

Tempe siap digoreng. Ambil tempe yang telah direndam bumbu, masukkan ke dalam bahan pelapis lumuri sampai semua terbalut tepungnya dan goreng sampai kuning keemasan. Tempe mendoan siap dicemil...atau dijadikan lauk juga bisa lho.

2 komentar:

  1. Tithuan Iron-Iron Clay - Titanium Arts
    The Iron-Iron Clay is one of the heaviest solid titanium screws metals titanium wood stoves used in titanium belly button rings jewelry and has a lot of titanium industries wear and tear on its face. The material can also titanium gr 2 be used as a

    BalasHapus