Kamis, 31 Maret 2016

Ledre Ketan Hitam



Kalo Ledre Ketan biasanya terbuat dari ketan utuh, tapi ledre saya ini terbuat dari "menir" ketan. Jadi ceritanya beberapa hari yang lalu ada pesanan Brownis Ketan Hitam, karena malas nyari tepung ketan hitamnya di TBK yang lumayan jauh dari rumah maka dibikinlah tepung ketan hitam sendiri. Dengan mengandalkan dry mill imut punya saya ternyata bisa juga lho. Dan kemarin hasil tepungnya juga halus dan  juga rasa brownis ketannya kalo menurut saya lebih harum ya. Dari menggiling dengan dry mill ternyata ada sisa butiran yang ga bisa halus. Jadi seperti menir begitu bentuknya. Butiran-butiran menir ini didapat setelah menggiling beberapa kali, dan juga telah berulang-ulang kali diblender hasilnya juga sama saja. Ya sudah saya biarin saja nanti kan bisa dibikin apa gitu. Setelah beberapa hari pesanan selesai saya teringat menir-menir tepung ketan hitam saya, dibikin apa ya..,masak mau dikukus gitu saja trus ditabur kelapa parut. Ga seru pikir saya. Setelah nyari-nyari ide eh ketemulah si Ledre ini.
Katanya Ledre Ketan ini adalah makanan khasnya Solo. Saya pernah makan rasanya enak, manis. Perpaduan antara ketan, kelapa dan pisang yang serasi. Emh...membayangkannya jadi ngeces. Ya udah ga usah lama-lama mbayanginnya langsung ke dapur.
Jadi butiran-butiran kecil ketan itu saya kukus dengan kelapa parut sampai empuk. Setelah itu saya campur dengan pisang ambon. Sebenarnya lebih enak pake pisang raja, tapi karena adanya Cuma itu ya udah pake yang ada saja.  Itu juga Cuma 1 biji, tapi gede... He..he..
Oke deh ini caranya yang cuma dikira-kira aja karena belum pernah tau cara pembuatannya. Tapi hasilnya buener wenak... Tapi karena menggunakan ketan hitam yang bentuknya meniran tadi jadi seperti wingko deh..teksturnya. ^_^


Bahan:
120 gr ketan hitam (saya pake yang meniran tadi ya..)
100 gr kelapa parut
2 bh pisang raja (saya pake 1 bh pisang ambon yang gede)
½ sdt garam
3 sdm gula pasir (kalo suka manis bisa ditambahin)
air secukupnya

Cara membuat:

Campurkan ketan, kelapa, gula, dan garam sampai rata. Panaskan dandang dan alasi dengan daun pisang, taruh campuran tadi di atas daun pisang dan perciki dengan air. kira-kira air yang saya gunakan 2-3 sdm. kukus campuran tadi sampai empuk. Setelah itu dengan masih panas-panas campur dengan pisang yang telah di cacah kasar. Aduk sambil ditekan-tekan supaya menyatu pisang dengan campuran tadi. Setelah itu saya panggang dengan wajan anti lengket. Caranya ambil satu sendok adonan, lebarkan membentuk lingkaran. Tunggu sampai aromanya keluar dan agak-agak gosong gitu, setelah itu lipat dan angkat. Ledre ketan ala saya siap disantap. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar