Jumat, 18 Maret 2016

Bola-bola Daun Singkong Goreng


Daun singkong memang tidak hanya enak dijadikan lalap, tapi juga kudapan seperti ini. Mas Fatih, anak saya yang pertama sangat pilih-pilih sayuran. Dia hanya menyukai beberapa sayur seperti wortel, kubis, dan labu siam. Selain itu pasti disisihkan kalau pas makan. Tapi jangan heran dengan sayur yang satu ini, dia bisa habis beberapa buah jika makan bola-bola daun singkong seperti ini. Ada juga beberapa sayur yang dia hanya mau kalau digoreng dengan tepung ala tempura gitu.
Kebetulan pas belanja ada daun singkong segar yang masih muda-muda, jadi kepincut deh. Daun singkong segar harganya murah, satu ikat cuma 1500 rupiah dah jadi buanyak banget.

Bahan:
1/2 ikat daun singkong segar, petiki dan rebus sampai empuk
1 bh tahu putih
Minyak untuk menggoreng

Bumbu:
4 bh bawang putih
2 bh bawang merah
1 sdt ketumbar
½ sdt merica
2 sdt garam

Pelapis:
150 gr tepung terigu serbaguna
2 sdm tepung tapioka
2 sdm tepung beras
Air secukupnya

Bumbu:
2 bh bawang putih
½ sdt ketumbar
1 sdt garam

Cara membuat:

Daun singkong yang sudah direbus sampai empuk di potong kecil-kecil taruh dalam wadah dan campur atau urap bersama tahu putih dan bumbu. Tahu putihnya sambil diremas-remas biar hancur dan tercampur semua. Setelah rata tercampur, buat bulatan- bulatan sebesar bola ping pong. Lakukan sampai adonan habis. Setelah itu buat pelapisnya. Haluskan bumbu dan campur dengan semua tepung. Tambahkan air sediki-sedikit sampai adonan agak encer. Setelah itu tinggal menggorengnya. Ambil beberapa bola-bola singkong, masukkan ke dalam adonan pelapis sampai rata dan goreng dengan minyak banyak sampai tepung terlihat kecoklatan. Jika mau praktis untuk pelapisnya bisa menggunakan tepung bumbu siap pakai, tinggal tambahkan air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar