Senin, 07 Desember 2015

Ayam Goreng Lengkuas


Sebenarnya penasaran ayam goreng seperti ini sudah lama. Gimana cara buatnya ya.., saya kira taburan bumbunya itu kelapa lho.,eh ternyata lengkuas to. Membayangkan lengkuas yang banyak kemudian digoreng pasti berasa rempah banget ya.., tapi ternyata enggak loh, malah harum banget aromanya. Bener..deh. walaupun saya goreng sisa bumbu untuk taburan ini agak gosong tapi masih jadi rebutan he..he.. Bumbunya ini dimakan sama nasi hangat saja sudah enak. Gurih. ^_^



Bahan:

1 kg ayam
1 sdm asam jawa atau 1 bh jeruk nipis ambil airnya
1 sdm garam
1 bh gula jawa (yang bentuknya bulat)
3 bh daun salam
2 batang serai, ambil bagian putih dan memarkan
200 gr lengkuas muda, parut
2 sdm minyak untuk menumis
Air secukupnya untuk mengungkep ayam


Bumbu yang dihaluskan:

3 bh bawang merah
5 bh bawang putih
4 butir kemiri
3 cm kunyit
1 sdm ketumbar

Cara membuat:

Potong-potong ayam sesuai selera, kemudian cuci bersih dan lumuri dengan air perasan jeruk nipis atau asam jawa dan garam. Gosok-gosok sampai terasa kesat. Diamkan sebentar dan cuci bersih kembali. Sisihkan.
Haluskan bumbu, kemudian tumis sampai harum. Masukkan daun salam dan serai, aduk-aduk sampai bumbu matang tapi jangan sampai gosong lho ya. Jika bumbu sudah matang masukkan ayam dan aduk-aduk sampai ayam berubah warna. Setelah itu masukkan air, parutan lengkuas, gula jawa dan garam. Airnya dikira-kira sampai ayam terendam saja ya..jangan sampai kebanyakan karena nanti kalo nunggu kuah menyusut, ayamnya akan terlalu lunak dan hancur. Koreksi rasanya. Masak sampai ayam matang dan kuah menyusut. Matikan api.
Siapkan minyak agak banyak untuk menggoreng, tunggu sampai minyak panas merata. Goreng ayam sampai kecoklatan. Terakhir goreng juga sisa bumbu ungkepan ayam tadi. Kalo saya bumbu yang tersisa saya saring menggunakan saringan kawat, saya diamkan beberapa saat sampai air menetes semua. Setelah itu goreng sambil diaduk-aduk sampai kering dan coklat. Jangan sampai seperti punya saya ini ya.., agak gosong.  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar