Rabu, 02 Desember 2015

Sambel Goreng Hati, Tempe, dan Kentang



Masak apa ya hari ini…?
Sebagai emak-emak memang kita terkadang dibuat pusing dengan menu harian yang akan kita sajikan untuk keluarga tercinta. Apalagi bila kitanya sendiri sedang bener-bener ga mood makan, iya bener..kalo pas kita sedang ga mood makan disuruh makan aja males, apalagi masak. Mungkin itu pernah dialami oleh emak-emak di seluruh dunia ini.
Seperti hari ini,…kok ga ada selera makan sama sekali. Biasanya kalo males makan gitu, untuk memancing atau membuat saya bergairah makan lagi langkah pertama adalah saya akan membayangkan makanan-makanan enak yang menggugah selera atau makanan yang di”cita-cita”kan ingin dimakan atau dicoba atau dibeli suatu hari nanti. Tapi ternyata langkah pertama yang biasanya saya lakukan kali ini gagal. Saya ga punya bayangan sama sekali mau makan, apalagi masak apa.
Tapi, sebagai emak yang baik bagaimanapun saya harus menyediakan  santapan yang layak dimakan untuk keluarga saya, supaya “stabilitas” perut keluarga tetap terjaga..he..he..
Ga ada ide sama sekali, buka kulkas saja mungkin ada yang bisa dijadikan ide. Ada hati sapi, ada tempe, dan ada santan instan. Ehmm, sedikit ada pencerahan, teringat masih punya kentang di lemari. Okey..siap dieksekusi..sambel goreng ati campur kentang sama tempe. Bisa lah untuk teman nasi hangat. Daripada ga ada lauk sama sekali.

Bahan :

200 gr hati sapi yang sudah direbus, dipotong kotak 2x2 cm
1 papan tempe ukuran sedang, potong kotak 2x2 cm, goreng sebentar
2 bh kentang ukuran sedang, potong kotak 2x2 cm
1 bungkus kecil santan instan (saya pake merk kara)
2 sdm minyak untuk menumis
2 cm lengkuas, memarkan
1/2 sdt ebi, seduh dengan air panas
1 sdm saus tiram
1 ½ sdt garam
1 sdt gula jawa
200 ml air

Bumbu halus:

4 bh bawang merah
2 bh bawang putih
3 bh kemiri
3 cabe merah besar

Cara Membuat:

Siapkan hati sapi, kentang, dan tempe, sisihkan. Mungkin jika suka, kentang dan hati sapi bisa juga digoreng sebentar. Kalo saya hanya menggoreng tempenya saja.
Haluskan bumbu, kemudian tumis dengan menggunakan minyak sampai harum. Masukkan lengkuas dan ebi, aduk-aduk sampai bumbu matang. masukkan air dan tunggu sampai mendidih, setelah mendidih masukkan santan instan dan aduk rata. Masukkan hati sapi, tempe, dan kentang. Terakhir masukkan saus tiram dan gula jawa. Tunggu sampai mendidih dan santan matang. koreksi rasanya. Siap dihidangkan. Tarraa....





Tidak ada komentar:

Posting Komentar