Kamis, 11 Februari 2016

Rujak Buah Serut


Sebenarnya bikin rujak ini dah lama, tapi baru bisa posting sekarang. Dulu waktu bikinnya tuh pas musim kemarau, siang-siang hawanya panas jadi segeeeerrr banget makan rujak ini. Apalagi kalo ditambahin es batu serut. Emmh tambah maknyus mungkin ya.. tapi sayang ga boleh makan or minum yang dingin-dingin..jadi tanpa es batu serut juga gapapa. Buah yang dipake bikin rujak ini lumayan komplit lho, ada pepaya mengkal, nanas, mangga, pisang kluthuk, dondong, timun, dan juga tak ketinggalan jeruk bali. Kalo mau ditambahin buah apa aja juga bisa, tergantung selera ya... Kebetulan yang tersedia buah-buahan di atas. Kalo bumbunya sih standar bumbu rujak manis ya, cuma garam, cabe, asam jawa, terasi dikit, sama gula jawa. Dicampur aduk pokoknya...
Mau bikin juga, monggo..

Bahan:
1 bh nanas
1 bh mangga mengkal(punyaku agak kematengan)
1 bh timun
2 bh kedondong
¼ buah pepaya mengkal(punyaku juga agak kematengan, hiks..)
1 bh pisang kluthuk
1 bh jeruk bali (yang tua dan matang ya..biar manis dan ga pahit)


Bumbu:
5 bh cabe rawit merah
½ sdt asem jawa (buang bijinya)
¼ sdt terasi
1 sdt garam
150 gr gula jawa (sisir halus)
50 ml air (atau sesuai selera, tp jangan sampai keenceran ya)


Cara membuat:
Bersihkan semua buah-buahan, kupas semuanya kecuali pisang kluthuk. Buah mangga, timun, dondong, pisang kluthuk di parut menggunakan parutan buah yang kasar. Sedangkan pepaya dan nanas di cacah atau diiris kecil-kecil sesuai ukuran buah yang lainnya. Kalo pepaya dan nanas diparut nanti akan hancur dan hasilnya parutannya lembut sekali. Sedangkan untuk buah jeruk balinya, setelah dikupas bersih cukup dipisah-pisahkan saja bulir-bulirnya. Sisihkan semua buah sekarang kita buat bumbunya.
Ulek atau haluskan semua bumbu kecuali gula jawa sampai halus, setelah semua halus baru masukkan gula jawa dan haluskan sambil ditambahkan air sedikit demi sedikit sampai kekentalan yang diinginkan. Sebenarnya bumbunya ini bisa dibuat dalam dua versi, versi seperti diatas juga bisa versi di masak. Jika dimasak setelh bumbu dihaluskan masak bersama air sampai mendidih dan baru masukkan gula jawa. Aduk-aduk sampai gula larut semua dan mengental.

Penyajian:

Aduk rata semua buah dan bumbu dalam suatu wadah sampai bumbu rata dengan buahnya. Rujak siap dihidangkan. bisa juga ditambahkan dengan es serut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar