Jumat, 12 Februari 2016

Soup Tulang Sapi

  
Bongkar-bongkar freezer ternyata nemu bungkusan isinya tulang sapi. Tulang sapi ini sisa idul qurban kemarin, terlupa di sudut freezer. Mau diapain ya? Bingung-bingung kepikiran untuk dibikin kaldu sapi saja terus disimpen di kulkas. Ya sudah, karena jumlahnya lumayan banyak dan ukurannya lumayan besar-besar, mau di potong-potong lebih kecil juga ga bisa. Potongan tulang-tulang ini masih banyak sisa dagingnya yang menempel. Setelah direbus lama untuk membuat kaldu, tulangnya disisihkan. Air kaldunya sebagian saya masukin plastik yang khusus buat bikin es batu. Jadi 6 bungkus dan saya sisakan sedikit untuk dioleh bersama tulang yang agak kecil ukurannya dan sisa daging yang saya ambil dari tulang-tulang yang besar. Lumayan banyak dapetnya. Ya sudah dibikin sup saja yang gampang, selain gampang bisa juga untuk sayur atau dimakan begitu saja di hawa yang dingin dan hujan terus-menerus datang seperti ini.

Bahan:
1 kg tulang dan daging (kira-kira he..he.. ga ditimbang kemarin)
2 bh kentang ukuran sedang
2 bh wortel
1 bh bombai
2 bh daun bawang
2000 ml air
1 bh tomat, jika suka (saya tidak menambahkan)
2 sdm minyak atau margarin
 

Bumbu:
5 bh bawang putih digeprek
1 sdt lada bubuk
½ bh pala digeprek
2 btr cengkeh
2 cm jahe digeprek
2 -3 sdt garam

Taburan:
Bawang goreng secukupnya

Cara membuat:

Rebus tulang dan daging dengan air sampai empuk. Saya menggunakan air kaldu dan daging yang sudah direbus. Saya didihkan lagi kaldu, masukkan daging dan tulangnya. Sementara menunggu mendidih, saya menumis bawang putih dan bombai sampai layu dan harum. Masukkan wortel dan kentang yang telah dicuci dan dipotong-potong sesuai selera, aduk-aduk sebentar sampai sayuran agak layu. Matikan api dan masukkan ke dalam air kaldu yang telah mendidih. Masukkan bumbu lada, pala, garam, jahe, cengkeh. Koreksi rasanya, jika sudah pas masukkan potongan daun bawang dan tomat jika pake. Tunggu sebentar dan matikan api. Sajikan di mangkuk dengan taburan bwang goreng. Dijamin enak dan anget di badan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar