Selasa, 17 November 2015

Sate Kambing



Hari minggu..,
Setelah dari pagi capek muter-muter ke pasar Gawok (pasar tradisional yang ada di desa geneng kec gatak kab sukoharjo, bukanya masih berdasarkan hari pasaran yaitu pasaran pon dan legi. Berbagai macam barang dan jasa ada di jual disini. Kapan-kapan ya..mungkin saya bisa nulis khusus tentang pasar Gawok, seru soalnya.. ) nganterin Mas hunting foto untuk mading sekolah, pulang-pulang matahari dah tinggi...,
Dah menjelang makan siang, tapi kok ya belum masak.., mau beli lauk semua pada gak mau, masak sendiri aja mintanya.
Ya udah, buka freezer ada daging kambing sama hati kambing, dibikin apa ya Mas..tanya saya ke si sulung... “Sate aja mi” jawab Mas lantang, “tapi Ummi ga mau bakarnya lho ya!”. “Ummi nyiapkan saja” saya pun berkelit, karena malas membayangkan harus nyalakan api, bakar arang..wuh..repotnya..
“Ya, nanti Mas sama Ayah yang bakar” anakku semangat sekali. Tumben...


Oke deh, persiapan dimulai...

Mengolah daging kambing kan susah-susah gampang ya.., takut baunya prengus atau bau kambing. Di internet ada banyak tips-tips untuk mengolah daging kambing, salah satunya tidak mencuci daging kambing sebelum diolah. Tapi masak sih ga dicuci... . kan ga tega ya.., membayangkan bagaimana daging itu diperlakukan sebelum sampai di tangan kita, saya ga sampe hati kalo ga mencucinya. Akhirnya saya sempat baca kalo dagingnya dicuci waktu belum dipotong-potong aja, ya udah ikuti tips ini deh..
Daging yang masih dalam bentuk bongkahan dicuci, setelah itu dipotong kecil-kecil. Baru dibumbui. Setelah jadi lumayanlah.., gak ada bau kambingnya. Yang ada enak aja pokoknya..

Okeh yang mau simak bahan dan cara bikinnya monggo...

Bahan:

300 gr daging kambing
150 gr hati kambing
15 tusuk sate (kurang lebih)
Arang secukupnya untuk membakarnya

Bumbu perendam:

1 sdt ketumbar
2 bh bawang putih
2 sdm gula jawa
1 sdm saus tiram
1 sdm kecap manis
1 sdt garam



Pelengkap:

Kol diiris tipis
Tomat diiris
Bawang Merah diiris tipis
Cabe rawit diiris
Kecap manis
Lada bubuk , jika suka

Cara membuat:

Daging kambing dan hati kambing dicuci bersih. Saya mencucinya waktu masih belum dipotong-potong. Setelah itu potong-potong sebesar 2x2 cm an. Sisihkan.
Haluskan bumbu yang terdiri dari garam, bawang putih, ketumbar, dan gula jawa setelah itu masukkan atau campur dengan daging dan hati kambing. Tambahkan kecap manis dan saus tiram, aduk aduk sampai merata. 


Diamkan di kulkas minimal satu jam, setelah itu tusuk-tusuk berselang-seling antara daging dan hati, atau sesuka hati lah..,



Sudah, tinggal bakar diatas bara arang. Jangan lupa dibolak-balik biar ga gosong. Kalo yang ga mau susah-susah bikin bara arang coba digrill pake pan khusus grill kali ya..lebih praktis. Nah..sate siap dihidangkan bersama guyuran kecap manis dan lada bubuk, disantap bareng nasi putih hangat atau lontong. Tambahkan irisan kol, tomat, bawang merah , dan cabe bila suka. Mmmm yummy...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar